Rabu, 20 Agustus 2025. 20:42 WIT.
HAL-TENG, PERS TIPIKOR.ID – Rapat Koordinasi (Rakor) Kelompok Belajar Kepala Sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Halmahera Tengah resmi dibuka oleh Wakil Bupati Halmahera Tengah, Ahlan Djumadil, S.IP, di dampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muksin Ibrahim, S.Pd, Kepala Bidang GTK Ridwan Samsudin, S.Pd, serta Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Junaedi Gailea, S.PdI.
Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini menghadirkan 164 kepala sekolah sebagai peserta, dengan materi yang disampaikan oleh empat pemateri unggulan, yaitu Buksi Lumbessy, S.Pd, M.Pd; Suryadi Ajadan, M.Pd; Ikbaal Albar, S.Pd, M.Pd dari BPMP Maluku Utara, serta Farida Dokumalamo, S.Pd, MM dari Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan.
Dalam laporannya, Kepala Dinas Pendidikan Muksin Ibrahim menyampaikan bahwa kegiatan ini dibiayai melalui DPA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Halmahera Tengah dan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam mengelola pendidikan di wilayahnya masing-masing.
Sementara itu, Wakil Bupati Ahlan Djumadil menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai ajang strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan, berbagi pengalaman antar kepala sekolah, memecahkan masalah yang dihadapi sekolah, serta memperkuat kerja sama antar sekolah dalam kelompok belajar.
Adapun tujuan utama Rapat Koordinasi Kelompok Belajar Kepala Sekolah ini meliputi:
1. Peningkatan Kualitas Pendidikan – Membahas strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah masing-masing.
2. Berbagi Pengalaman – Kepala sekolah saling berbagi pengalaman dan strategi efektif dalam mengelola sekolah.
3. Pemecahan Masalah – Mencari solusi terhadap tantangan yang dihadapi sekolah dalam kelompok belajar.
4. Kerja Sama Antar Sekolah – Meningkatkan koordinasi dan kerja sama antar sekolah untuk mencapai tujuan bersama.
Acara dibuka secara resmi dengan pembacaan doa oleh Rusli Ishak, S.PdI, sehingga seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar.
R I Halteng – Melaporkan dari Halmahera Tengah.
(Editor: Rosa).




